Analisis Pengaruh Iklan Online Terhadap Pembelian Impulsif pada Mahasiswa Di Kabupaten Sleman (Studi Kasus Toko Online Lazada) |
Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Immanuel |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil responden yang mengunjungi dan membeli dari toko online Lazada, mengidentifikasi adanya pengaruh daya tarik iklan online Lazada terhadap pembelian secara impulsif pada mahasiswa di Kabupaten Sleman dan sejauh mana tingkat pembelian impulsif pada mahasiswa di kabupaten Sleman, serta untuk mengetahui apakah ada perbedaan kecenderungan pembelian secara impulsif bagi mahasiswa di Kabupaten Sleman menurut jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan dan jenjang pendidikan. Studi ini menemukan bahwa persentase tertinggi konsumen yang mengunjungi dan membeli produk dari toko online Lazada adalah perempuan sebanyak 56%, usia 19-25 tahun sebanyak 97%, pendidikan S1 86%, dan berpendapatan Rp 2.000.000,00,- sampai dengan Rp3.000.000,00,- sebanyak 39%. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan variabel faktor yang memengaruhi pembelian mempunyai hubungan terhadap variabel kecenderungan pembelian secara impulsif. Berdasarkan analisis chi-square menunjukkan bahwa Hi dan H0 pada jenis kelamin, usia, jenjang pendidikan dan tingkat pendapatan menimbulkan perbedaan tingkat kecenderungan impulsif pada mahasiswa di Kabupaten Sleman. |
Kata kunci: iklan online, pembelian impulsif |
Download Artikel |