Hubungan Kelekatan Pelanggan dan Perilaku Keterikatan pada Merek di Media Sosial: Moderasi Gaya Kelekatan |
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Mulawarman |
Peningkatan penggunaan media sosial telah memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk terikat dengan pelanggannya. Meskipun demikian, tidak semua pelanggan termotivasi untuk membangun hubungan atau terikat dengan perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori kelekatan dalam memahami perilaku keterikatan pelanggan pada merek di media sosial. Secara khusus, penelitian ini mengembangkan model teoritis mengenai kelekatan merek dan kelekatan pada media sosial dalam mempengaruhi perilaku keterikatan pelanggan pada merek di media sosial melalui tinjauan literatur yang sistematis. Hasil dari kajian literatur mengusulkan bahwa kelekatan merek dapat mempengaruhi perilaku keterikatan pelanggan baik secara langsung maupun melalui mediasi sikap pada merek di media sosial yang dimoderasi oleh gaya kelekatan. Sementara, kelekatan pada media sosial dapat mempengaruhi perilaku keterikatan pelanggan pada merek melalui mediasi sikap pada merek di media sosial yang dimoderasi oleh gaya kelekatan. Studi ini memberikan landasan teoretis untuk penelitian empiris masa depan ke dalam masalah yang terkait dengan hubungan antar kelekatan pada obyek (merek dan media sosial) dan perilaku keterikatan pelanggan pada merek dalam konteks media sosial. |
Kata kunci: kelekatan merek, kelekatan pada media sosial, sikap pada merek, gaya kelekatan, perilaku keterikatan pelanggan |
Download Artikel |