Pelayanan Terhadap Kepuasaan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bantul |
Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mataram |
Pajak adalah salah satu sumber utama pendapatan APBN (Pengeluaran dan Anggaran Pengeluaran) yang selalu menjadi tolok ukur bagi kemajuan bangsa Indonesia dan mendukungpertumbuhan pembangunan baik pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan infrastruktur yang merupakan target dari APBN itu sendiri. Optimalisasi pendapatan pajak direncanakan secara realistis dengan mendasarkan pada kondisi ekonomi dan mendukung pelaksanaan administrasi serta perpajakan yang komprehensif. Upaya pemerintah untuk meningkatkan penerimaan pajak pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan kepastian hukum bagi wajib pajak, meningkatkan kepatuhan wajib pajak, menciptakan iklim bisnis yang sehat dan adil, meningkatkan layanan pajak melalui peningkatan kualitas aparatur atau sumber daya manusia (SDM) perpajakan, serta upaya meningkatkan pendapatan negara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis kapabilitas kualitas layanan SDM terhadap kepuasan wajib pajak di Kantor Pajak Pratama Bantul.Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan mengintegrasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, dokumentasi, dan kuesioner Penelitian ini menemukan Profesionalisme dan Kualitas Layanan Pegawai Pratama KPP Bantul memiliki pengaruh simultan terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Selanjutnya, manfaat studi ini adalah untuk menentukan kualitas SDM Direktorat Jenderal Pajak dalam mendukung strategi pemerintah untuk mencapai target sumber APBN dari sektor Pajak. |
2 |
Download Artikel |