HUBUNGAN PEMASARAN INTERNAL DENGAN MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN UNTUK LAYANAN KONSUMEN |
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Immanuel (UKRIM), Yogyakarta |
Hubungan yang kuat antara organisasi dan karyawan diyakini dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan terhadap pekerjaan dan keinginan mereka untuk memberikan layanan yang lebih baik. Pemasaran jasa tidak hanya membutuhkan pemasaran eksternal tetapi juga pemasaran internal dan interaktif. Pemasaran internal memfokuskan pada hubungan vertikal dan lateral yang ada di dalam organisasi. Dalam penelitian ini hanya memfokuskan pada dua hubungan vertikal yang lebih sering diteliti, hubungan organisasi-karyawan dan hubungan supervisor-karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawan yang berdomisili di DIY dan Jateng. Pemilihan sampel ditentukan dengan purposive sampling. Kriteria tertentu tersebut adalah karyawan tetap (full time) yang memiliki kontak langsung dengan supervisor dan memiliki kontak langsung dengan konsumen secara konsisten dan berlanjut. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi. Pengujian ini akan mengukur hubungan antar variabel yang dalam model pemasaran internal, yaitu hubungan antara organizational support, supervisory support, job motivation dan salesperson commitment to customer service. Hasil pengujian hipotesa berdasarkan data yang terkumpul menunjukkan variabel-variabel tersebut tidak ada yang mendukung hipotesa. Hal ini berarti hasil tidak memberi dukungan untuk hubungan organizational support, supervisory support, job motivation dan sales person komitmen. |
Kepuasan, Sumber Daya Manusia, Dukungan, Layanan |
Download Artikel |