Pemanfaatan Exelsa Moodle pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer dalam Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran |
Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma |
Penelitian ini sedang menyelidiki penggunaan Exelsa Moodle untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran praktis Aplikasi Komputer dalam Teknologi Informasi terutama bagi siswa yang termasuk dalam Program Studi Manajemen CD di Universitas Sanata Dharma. Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan 17 siswa dari Program Studi Manajemen yang terlibat dalam mata pelajaran praktis Aplikasi Komputer dalam Informasi dan Teknologi menjadi sampel penelitian ini. Untuk mengumpulkan data, beberapa hasil evaluasi pembelajaran diintegrasikan, seperti skor tugas praktis, skor kuis daring, skor Tes Jangka Menengah, skor tes penyisipan, dan skor tes akhir. Selain itu, data juga diperoleh dari refleksi yang diunggah ke www.exelsa2012.usd.ac.id dan juga evaluasi yang dilakukan akhir semester melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penggunaan Exelsa Moodle dapat meningkatkan nilai tes formatif siswa, meskipun penurunan skor terjadi karena siswa tidak pernah berpengalaman dalam menggunakan Prezi namun sebagai presentasi online; (2) berdasarkan refleksi dan kuesioner yang diberikan kepada siswa, kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan Exelsa Moodle dapat menjadi cara yang efektif untuk menguasai Aplikasi Komputer Teknologi Informasi lebih lanjut. Selain itu, para siswa mendapat motivasi yang lebih tinggi dalam mengikuti dan menerapkan teknologi informasi. |
Kata kunci: exelsa moodle, efektivitas pembelajaran, penelitian tindakan kelas |
Download Artikel |