Analisis Pengaruh Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Prodi Manajemen terhadap Peminatan Karir dalam Bidang Perbankan |
Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Immanuel |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil responden yang memiliki minat berkarir di dunia perbankan, juga pengaruh persepsi, kualitas motivasi, motivasi berkarir, dan motivasi ekonomi, baik secara parsial maupun simultan terhadap minat berkarir di perbankan, serta untuk mengetahui faktor dominan apa saja yang mempengaruhi minat karier di perbankan. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi referensi dalam mengumpulkan data, dengan metode cluster sampling dan purposive sampling. Data dianalisis dengan analisis persentase, regresi sederhana, uji t, regresi berganda, uji F, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis persentase menunjukkan profil responden yang memiliki minat berkarir di perbankan didominasi oleh pria (63,2%), rentang usia 17-25 tahun (99,2%), tingkat pendapatan rata-rata per bulan adalah ≤ Rp. 1.000.000 (64,8%), dan sebagian besar responden berasal dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Hasil regresi sederhana dan uji t, menunjukkan bahwa persepsi, motivasi kualitas, motivasi karier, motivasi ekonomi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat karir di perbankan, demikian juga hasil regresi berganda dan uji F, membuktikan bahwa persepsi, motivasi kualitas, motivasi karier, motivasi ekonomi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat karir di perbankan. Selanjutnya, hasil Koefisien determinasi menyatakan variabel motivasi ekonomi adalah yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat karier. |
Kata kunci: persepsi, motivasi kualitas, motivasi karier, motivasi ekonomi |
Download Artikel |