PENGEMBANGAN DIMENSI PADA INNOVATION AS A NEWNESS: WHAT IS THE NEW, HOW NEW, AND NEW TO WHOM |
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta |
Paper ini merupakan review terhadap pemikiran konseptual peneliti yang mengarahkan tiga pertanyaan yang berhubungan dengan kebaharuan, yaitu what is new, how new, dan new to whom. Peneliti mengembangkan enam tipe kegiatan inovasi yang berbeda yang meliputi: (1) produk baru, (2) pelayanan baru, (3) metode produksi baru, (4) pembukaan pasar baru, (5) sumber supplier baru dan (6) cara baru pengorganisasian. Pencapaian kesuksesan dalam inovasi memerlukan manajemen yang bagus dan harus diciptakan kondisi lingkungan yang mendorong individu untuk bereksprimen, berkreasi, dan berkembang. Perhatian pada inovasi terus berkembang dan menunjukkan peningkatan yang dramatis dalam studi literatur yang mengarah pada sifat dan peran tentang inovasi. Komunitas riset managemen operasional mengakui pentingnya budaya organisasional dan pengaruhnya pada pembuatan keputusan bagi manajer dan ketepatan bagi praktik operasional, sehingga hal ini menyebabkan budaya organisasional menjadi variabel explanatory yang penting. |
Inovasi, dimensi inovasi, budaya organisasi. |
Download Artikel |